Rabu, 11 Maret 2009

Sejaran Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin

Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berhaluan Ahussunnah Wal-Jama'ah. Lembaga terletah di sebuah dusun Wetan Sepuran Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang Propinsi Jawa Timur. Didirikan oleh seorang ulama' yang bernama KYAI SYARIF.

Pada awal berdirinya, pondok pesantern ini bernama Tashilul Mubtadi'in karena untuk mengenang jasa pendirinya, maka dimbillah nama pendiri menjadi nama Pondok Pesantren.
Kyai Syarif adalah salah satu ulama NU penyiar agama islam di tanah JAWA. berbekal kemampuan agama dan semangat yang tinggi ia berjuang menyiarkan syariat Islam kepada masyarakat dengan tidak kenal lelah.

Kyai Syarif terkenal sebagai ulama' yang istiqomah. baik istiqomah dalam beribadah, maupun istiqomah dalam menyiarkan agama ke pelosok-pelosok desa. karena keistiqomahan beliau, orang bahkan menyebut beliau sebagai salah satu dari WaliULLAH.

Karena Keistiqomahan beliau juga, hingga pada suatu ketika ada seorang saudagar yang berasal dari BAWEAN, merasa tertarik menitipkan anaknya kepada Kyai Syarif, saat saudagar tersebut kemalaman dan istirahat di musolla. dan di musolla tersebut ia melihat kyai syarif yang sedang tekun beribadah. Akhirnya ia memutuskan untuk menitipkan putranya kepada Kyai Syarif untuk berguru kepada beliau. Dan mulai saat itulah, banyak santri yang datang dari pelosok negeri, datang dan menuntut ilmu agama kepada Kyai Syarif.

Kini, santri yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin berjumlah sekitar 1.000 orang, baik dari desa- sekitar sampai kepada luar negeri yaitu Malaysia.

Walaupun Pondok Pesantren ini berbasis agama, namun tetap tidak mengnyampingkan perkembangan tekhnologi dan komunikasi. ini dibuktikan dengan adanya pelajaran formal mulai dari PAUD sampai dengan Perguruan Tinggai.
Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin saat ini
1. Pengajian kitan kuning
2. Kursus Ilmu Alat
3. Sekolah Diniyah Sifir, Awaliyah dan Wustho
4. Pendidikan Formal (PAUD, TK, MI, MTs. MA dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah)
5. Kursus (Komputer, Sablon, Teknik Dasar Kepemimpinan)
6. Badan Usaha (Rental Komputer dan Internet, Jasa Telekomukasi, Poliklinik, Percetakan, SME'sCo Mart, Ternak Sapi, Dll )
7. Pembinaan ( Diba'iyah, Pidato, Tahlil, Dll )
8. Kesenian (Al-Banjari Al-Uhudiyah)

4 komentar:

  1. Ehm.............ade'**yg da d PPs.jo' molor**yo...hehehe...sing pateng ilingo sejo saka omah!!!jo' lali krim alfatihah nang ane....hehehehe thx abiz....

    BalasHapus
  2. q Jga dKung pOndOk q...?? Kn q naK sItu Jga.. ayOOOO.. Go.. gO.. gOo..

    BalasHapus
  3. I love pps kyai syarifuddin sumpah...ngangenin banget for me coz dr sanalah saya temuin jati diri saya tp sy msh blm bs ngebales ke tmpt yg mulai shubuh sampai ptang dramaikan dg kalam ilahi itu. sy cm bs berdo'a success tuk pondok Q

    BalasHapus
  4. dari beberapa perjalanan panjang ketika saya memilih keliling jawa pake sepeda ontel untuk mendapatkan ilmu tambahan selain dari orang tua, ustad, kyai, saya ingin juga belajar pada alam dengan rasa bebas tanpa aturan hanya Satu aturan TUHAN. kerinduan akan masa lalu ketika ada dipesantren memang tidak akan bisa terlupakan,,,meski terkadang jengkel saat dipukul ole pengurus pondok...he he he,meskiterkadang menggelikan,membuat kecintaanku pada pesantren ada nilai lebih...sehingga kerinduan itu selalu menari ketika sedih dan bahagia.... BAROKALLAH,,

    BalasHapus